cek dan ricek komputer dari virus conficker kido

Posted by AllSoft 6 komentar

cek-dan-ricek-virus Conficker (Kido/Downadup) merupakan salah satu virus yang penyebarannya sangat banyak dan dampaknya cukup serius. Berbagai media telah memberitakan banyaknya penyebaran dan bahaya malware ini.



Bagaimana mengetest bahwa Komputer kita aman dari infeksi Virus Conficker ini ?
Ada beberapa cara mudah yang bisa di gunakan untuk lebih meyakinkan bahwa komputer kita aman dari Conficker. Karena jika sudah terinfeksi, maka Antivirus-pun kadang tidak akan bisa mendeteksi atau menangani, harus menggunakan tools khusus (sudah banyak tersedia di internet). Dan alhamdulillah computer gw aman, aman bae ga kena nieh virus.

Mau cek dan ricek? berikut beberapa test yang bisa dilakukan.
1. Silaturrahmi ke Conficker Test, Jika muncul 6 gambar, maka komputer kemungkinan besar aman dari virus ini, tetapi jika ada sebagian yang tidak muncul, harus diwaspadai kemungkinan terinfeksi virus ini.

cek-virus

2. Cara ini hampir sama dengan cara pertama, yaitu dengan membuka website ini : Conficker Eye Chart, jika disana tampil 6 gambar secara utuh, maka kemungkinan besar komputer aman, tetapi jika ada sebagian gambar yang tidak tampil, bisa jadi komputer terinfeksi Conficker.



f-secure

3. Buka alamat berikut http://iv.cs.uni-bonn.de/fileadmin/user_upload/werner/cfdetector/ Jika komputer aman, akan ditampilkan pesan sebagai berikut :

cek-status-virus

Di langkah 1 dan 2 disana dijelaskan jika beberapa gambar tidak tampil, maka kemungkinan komputer terkena infeksi salah satu varian Conficker (Conficker B/C atau mungkin juga virus lainnya). Jika semua gambar tidak tampil, pastikan setting/pengaturan web browser untuk menampilkan gambar sudah aktif.
Ketiga cara diatas memerlukan akses internet, karena seperti diketahui Conficker akan menutup /memblok akses lebih dari 100 website keamanan/antivirus. Tetapi jika koneksi internet komputer melalui proxy server (misalnya satu kantor menggunakan satu koneksi saja) test tersebut tidak akan efektif.
Jika terindikasi terinfeksi Conficker, bisa menggunakan tools/remover (pembersih) dari salah satu vendor antivirus berikut :

Sophos
Symantec/Norton
F-Secure
Kaspersky
BitDefender

met mencoba,

referensi : ebsoftdotwebdotid

6 komentar:

phiy mengatakan...

yippi, dah nyoba, dan kliatan smua tu gambar..!
brarti si Eha bersih ya.. :lol:

FaNZ mengatakan...

Ga bisa secara offline yah?

ofa ragil boy mengatakan...

@fanz
ga bisa shopp, harus ol

pakhanung mengatakan...

silaturrahmi

ksatriapelangi mengatakan...

makasih, info dan tipsnya buat ngetes keberadaan conficker di kompu saya...

dicky adiyat mengatakan...

wah kompi gw kena Possibly Infected by Conficker A/B variant
gimana cara ngilangin virusnya om
help me!!!!!

Posting Komentar