Fungsi IF dalam Microsoft Office Excel

Posted by AllSoft 2 komentar

Tutorial Microsoft Excel - Tahukan anda tentang fungsi if dalam microsoft excel? Fungsi if digunakan untuk menentukan suatu keputusan atau pemilihan alternatif. Misalnya : untuk menghitung gaji karyawan, jika lama bekerja 4 tahun atau lebih, maka dia mendapat tunjangan 20% dari gaji semula. Maka dari itu kita perlu menambahkan fungsi if. Berikut adalah tutorial bagaimana cara penggunaan if dalam microsoft excel


Bentuk umum fungsi if yaitu :
= IF ( [syarat], (nilai benar), (nilai salah) )

Dimana :
syarat = kondisi yang diminta sebagai syarat
nilai benar = yang dilakukan bila syarat terpenuhi
nilai salah = yang dilakukan bila syarat tak terpenuhi


Contoh penulisannya :
fungsi-if

keterangan :
Lama bekerja di letakkan pada cell C6, gaji di letakkan di cell D6 sehingga pada cell E6 bisa di tuliskan =IF( C6>=4,20%*D6,0 ).

Pada fungsi diatas, kondisi yang diminta yaitu C6>=4 artinya cell C6 harus memiliki nilai 4 atau lebih. Bila syarat terpenuhi maka cell D6 akan dikalikan 20%. Bila salah maka cell tempat penulisan rumus ini akan bernilai 0 (nol).


Catatan :

Didalam menentukan syarat dan nilai benar tidak harus menggunakan angka dan rumus, menggunakan kata-kata pun bisa:

untuk lebih jelas, bisa dipelajari disini.

Download Soft: Tutorial Microsoft Excel 2007

2 komentar:

bhule mengatakan...

agak sedikit membingungkan gan >.<
tp mayanlah.,jd nambah ilmu.. :D

alex mengatakan...

makasih nich broo...

Posting Komentar